Selasa, 18 Maret 2014

Global warming atau sering kita sebut pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata-rata bumi. Peningkatan suhu rata-rata bumi tersebut dapat diakibatkan karena aktivitas manusia. Penggunaan AC ataupun kulkas juga turut menyumbang dalam hal kenaikan suhu ini. Penggunaan AC ataupun kulkas menghasilkan efek samping berupa chlorofuorocarbon (CFC). CFC berperan dalam penipisan lapisan ozon.

Lapisan ozon adalah suatu lapisan atmosfer bumi yang berfungsi untuk melindungi bumi dari radiasi sinar matahari. Lapisan ozon ini mengandung molekul-molekul ozon yang berbahaya atau dapat bersifat racun jika dihisap oleh paru-paru. Proses menipisnya lapisan ozon adalah sebagai berikut: Lapisan Ozon di stratosfer menyerap radiasi ultra-violet yang berbahaya dari matahari. Dengan bertambahnya bahan kimia buatan manusia yang mengandung senyawa khlorin dan bromin, akan ikut merusak molekul ozon pada lapisan ini. Teori pertama yang mendukung CFC sebagai perusak lapisan ozon di stratosfer dikemukakan pada tahun 1974 oleh Sherwood Rowland dan rekannya Mario Molina dari Universitas California. Molekul ozon dapat menyerap panjang gelombang tertentu dari radiasi ultraviolet matahari sebelum mencapai permukaan bumi. Pada lapisan Stratosfer radiasi matahari memecah molekul gas yang mengandung khlorin atau bromin dan menghasilkan radikal Khlor dan Brom. Radikal-radikal khlorin dan bromin kemudian melalui reaksi berantai memecahkan ikatan gas-gas lain di atmosfer, termasuk ozon. Molekul-molekul ozon terpecah menjadi oksigen dan radikal oksigen. Dengan terjadinya reaksi ini akan mengurangi konsentrasi ozon di stratosfer. Semakin banyak senyawa yang mengandung Khlor dan Brom perusakan lapisan ozon semakin parah.

Proses penipisan lapisan ozon

Akibat yang ditimbulkan dari rusaknya lapisan ozon ini antara lain suhu rata-rata bumi akan naik, radiasi sinar matahari akan sampai ke bumi, mencairnya es di kutub karena suhu yang meningkat. Akibatnya bila es di kutub mencairnya adalah akan naiknya permukaan air laut, sehingga dapat menyebabkan dataran rendah tenggelam dan daratan akan menyempit. Selain gas CFC, ada juga gas rumah kaca yang dapan mengakibatkan menipisnya lapisan ozon. Gas rumah kaca yaitu uap air, karbondioksida, dan metana. Gas-gas tersebut menimbulkan efek rumah kaca. Yang dimaksud dengan efek rumah kaca adalah terperangkapnya sinar yang telah masuk kedalam bumi. sinar matahari yang masuk ke bumi, seharusnya sebagian akan dipantulkan kembali dan sebagian yang lain akan diserap. Namun akibat terjadinya efek rumah kaca, maka sinar-sinar yang seharusnya keliar terperangkap di dalam bumi sehingga akan meningkatkan suhu rata-rata bumi.

Berikut ini adalah video mengenai global warming:








0 komentar:

Posting Komentar